Oleh: atoatowae | 18 Oktober 2008

Hasil Perhitungan Cepat Putaran I dan Prediksi Putaran II Pilkada Kerinci 2008

Melihat hasil penghitungan cepat yang dilakukan oleh Kalangan terbatas yang menggunakan Berita Acara dari masing-masing TPS , terlihat wilayah pemilihan merupakan faktor penentu peroleh suara para pasangan Cabup dan Cawabup.

Ami Taher – Dianda memperoleh suara terbanyak dari 4 Kecamatan yaitu Air Hangat, Air Hangat Timur, Depati Tujuh dan Sungai Penuh, Nuzran Joher – Julizarman hampir merata di seluruh kecamatan namun tidak ada yang dominan,  Herman Muchtar  - Mulyadi Raf dari Kecamatan Kayu Aro, Sungai Penuh dan Keliling Danau, Hasani Hamid – Afrizal dari Kecamatan Pesisir Bukit, Kumun Debai, Danau Kerinci, Keliling Danau, Gunung Raya dan sebagian dari Batang Merangin, Gunung Kerinci dan Sungai Penuh.

Zubir Muchtar – Dahnil Miftah mengambil massa dari Tanah Kampung, Hamparan Rawang dan Pesisir Bukit, dan terakhir Murasman – Rahman mendominasi kecamatan Gunung Tujuh, Kayu Aro, Gunung Kerinci, Siulak dan Sitinjau Laut ditambah dari Danau Kerinci dan Depati Tujuh.

Perolehan sementara dari hasil penjaringan data ke TPS, KPS dan PPK diperoleh perkiraan prosentase suara untuk Ami Taher – Dianda Putra 23,61 % (39.215 suara), Nuzran Joher – Julizarman 17,16 % (28.512 suara), Herman Muchtar – Mulyadi Raf 11,23 % (18.654 suara), Hasani Hamid – Afrizal 18,07 % (30.020 suara), Zubir Muchtar – Dahnil Miftah 6,71 % (11.129 suara) dan Murasman – Rahman 23,22 % (38.574 suara) dari 166.114 suara yang masuk.

Dari penghitungan suara ini, maka dipastikan pasangan Ami Taher – Dianda Putra dan Murasman – Rahman maju ke putaran kedua yang insya allah akan dilaksanakan pada bulan Desember 2008 mendatang.

Beberapa pengamat politik menilai pada putaran kedua akan terjadi rotasi peralihan suara yang signifikan terhadap dua pasangan yang maju ini. Kamaruddin dari Non parliament party menyatakan “kemungkinan besar dan dapat dipastikan bahwa akan terjadi pengalihan suara dari beberapa pasangan yang tereliminasi ke kedua pasangan baik kepada Ami – Dianda maupun Murasman – Rahman”. Pendapat ini juga di dukung  oleh Drs. A. Wahab Karimi seorang politikus yang juga sekretaris LAAK, dimana prediksi beliau “dukungan kedua pasangan ini akan mengalir bila dilakukan lobi-lobi politik kepada pasangan yang tereleminasi”.

Justru itu dapat diperkirakan bahwa Ami Taher dan Dianda Putra akan tetap mempertahankan wilayah yang telah dikuasai seperti  Air Hangat, Air Hangat Timur, Depati Tujuh dan Sungai Penuh kemungkinan akan mencari tambahan di Keliling Danau, Gunung Raya, Hamparan Rawang, Kumun Debai , Pesisir Bukit dan Kayu Aro.

H Murasman dan Mohd. Rahman dipastikan akan mempertahan raupan suara dari Kecamatan Gunung Tujuh,  Gunung Kerinci, Siulak dan Sitinjau Laut ditambah dari Kayu aro, Danau Kerinci, Batang Merangin, Tanah Kampung, Kumun Debai, Pesisir Bukit dan Depati Tujuh.

Dari segi koalisi kemungkinan ada beberapa formasi kemungkinan terjadi dimana formasi pertama pasangan Ami Taher dan Dianda akan melakukan lobi politik dengan Herman Muchtar – Mulyadi Raf dan Nuzran Joher – Julizarman. Sedangkan Murasman – Rahman kemungkinan besar akan menggandeng Zubir Muchtar – Dahnil Miftah dan  Hasani Hamid – Afrizal.

Hal ini dilihat arogansi politik pada debat kandidat kemaren kemungkinan Ami Taher dan Dianda tidak akan melakukan lobi politik dengan Zubir Muchtar – Dahnil Miftah dan Hasani Hamid – Afrizal, dan ini akan dimanfaatkan oleh Murasman dan Rahman. Rasanya bagaikan menjilat ludah yang terbuang, tetapi politik tidak dapat disamakan dengan realita, kemungkinan itu bisa saja terjadi, asalkan bumi masih berputar siang dan malam akan silih berganti.

Kebesaran nama Ami Taher dan PKS mungkin akan bisa mendongkrak popularitas yang berujung kepada meningkatnya jumlah pendukungnya, Ami dikenal sebagai orang agamis yang berkarya melalui partai yang juga agamis yaitu PKS, punya kepribadian yang bersih dan mengesankan,  tetapi yang melemahkannya adalah sosok Dianda yang masih muda dengan emosional yang masih labil. Hal ini terlihat dari hasil debat kandidat beberapa waktu yang lalu. Namun jika dia bisa mengendalikan sedikit saja emosinya itu mungkin bisa lebih menolong untuk putaran berikutnya. Upayakanlah untuk tidak membuat statement praktis, berpikir positif ke masa depan, tegas dan percaya diri. Ini sekedar saran untuk kebaikan, lo …………………

Sedangkan H Murasman dapat menarik simpatik masyarakat melalui keluguan beliau yang mau mengakui kelemahan beliau sendiri, ini menjadi strategi tersendiri untuk meraih suara dukungan, kelemahan beliau hanya telah berusai lanjut yang diperkirakan menjadi hambatan. Namun beliau beruntung telah memilih Mohd Rahman yang memang merupakan mantan birokrat yang telah malang melintang di berbagai daerah, khususnya di Propinsi Bengkulu dan Jambi ini, sehingga kelemahan itu dapat teratasi. Kolaborasi dan koordinasi keduanya perlu ditingkatkan, jadikan tua bukan hambatan untuk berkarir dan memimpin kerinci, teguh dan kokoh memegang komitmen, tidak plinplan, juga tingkatkan kepercayaan diri. Ini juga saran lo …………….

Nah, lo. Katanya tanggal 3 Novermber 2008 akan dilaksanakan peresmian Koto Otonom Sungai Penuh sekaligus Pelantikan Pejabat Sementara Walikota Sungai Penuh, dan Surat Undangan untuk beberapa Menteri sudah dilayang pada tanggal 3 Oktober 2008 lalu, apakah ini tidak berdampak kepada suara Pemilih yang berasal dari kota ? apakah suara mereka masih syah sebagai pemilih di Kabupaten ?  mari yok kita sama-sama baca peraturan-perundangan kembali, gimana ya sebenarnya ?

Semoga tulisan ini sedikit memberikan inspirasi bagi kedua pasangan untuk melanjutkan perjuang ke putaran kedua nantinya dan seluruh masyarakat kerinci yang akan menggunakan hak pilihnya.

Maaf ini tulisan hanya untuk dibaca, bukan untuk dikomentari, maklum blog ini hanya untuk ato ato wae, kalau ingin mengeluarkan pendapat bikin blog sendiri yah yah yah,  tapi boleh disadur kok, asal minta izin akaw, makaciiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhh. (AAW)

About these ads

Responses

  1. BAGUS BANGET IYA .SIPA YANG MENANG TOLNG ORANG MISKIN IYA

  2. Kalkulasi suara memang telah dimenangkan oleh sama2 tokoh pro perubahan, tinggal masy memilih lebih selektif, karena kedua kandidat ini telah mengungguli 4 kandidat lainnya.Diharapkan tokoh masy kerinci mengarahkan dukungan secara arif, bukan ala politis

  3. Allahuakbar…
    Sungguh ini semua kehendak_Nya.
    Doa kami untuk kemenangan ust. Ami untuk masuk putaran ke-2.

  4. Penuhnya Sungai Penuh

    http://www.videoku.tv/action/viewvideo/5457/Kampanye_Murasman_Rahman_3/

    http://www.videoku.tv/action/viewvideo/5456/Kampanye_Murasman_Rahman_2/

    http://www.videoku.tv/action/viewvideo/5455/Kampanye_Murasman_Rahman/

  5. Semua warga kerinci,pilih yang pintar,berpengalaman,dan masih tegap dan gagah pada putaran kedua..
    yaitu ami taher…

    mau belajar forex,masuk kesini ja ni.

    http://tempatberlabuh.blogspot.com


Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: